Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, berupaya meningkatkan produksi tanaman pangan masyarakat mengingat kebutuhan pangan di daerah itu juga semakin meningkat.

“Pemerintah Kabupaten Waykanan setiap tahun tidak henti-hentinya berupaya meningkatkan ketahanan pangan. Hal ini diwujudkan dalam berbagai bentuk pembangunan dan bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian dan pembinaan di lapangan,” ujar Bupati Waykanan Bustami Zainudin, di Blambangan Umpu Waykanan, Selasa.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut berupa pemberian subsidi benih padi, jagung, kedelai, kacang tanah, bantuan sarana pengendalian hama dan penyakit tanaman, alat produksi pertanian traktor tangan serta alat setelah panen, rehabilitasi Jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT), embung, pembuatan jalan usaha tani (JUT)dan pembuatan embung.

Ia mengatakan, visi Kabupaten Waykanan 2010-2015 “Terwujudnya Masyarakat Waykanan yang Sejahtera, Demokratis, Berbudaya dan Religius”. Terwujudnya masyarakat yang sejahtera berarti bahwa kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Waykanan bisa terpenuhi secara layak.

“Sektor pertanian merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Waykanan dan menduduki peranan yang paling strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Waykanan secara layak tersebut, karena hampir 80 persen penduduk Waykanan bermata pencaharian sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan,” ujarnya.

Sektor-sektor tersebut didukung dengan potensi sumber daya alam di sektor pertanian sehingga sangat tepat jika masyarakat Waykanan harus bangga dengan ‘Waykanan Bumi Petani’.

Ia menambahkan, dari sektor tersebut bidang tanaman pangan merupakan salah satu andalan dalam pelaksanaan pembanguan pertanian di Kabupaten Waykanan.

Persentase pertumbuhan ekonomi Kabupaten Waykanan dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan berkisar 3,51-4,66 persen dan bila ditinjau dari Produk Domestik Bruto Kabupaten Waykanan, sebagian besar disumbangkan oleh sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan atau sebesar 48,87 persen, ujar Bustami Zainudin.

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kami segenap tim dari dunia pertanian mengucapkan selamat bergabung bersama kami dan selamat menambah ilmu dan wawasan du dunia maya. Salam Pertanian. Dunia Pertanian

Jamur tiram atau Pleurotus ostreatus merupakan jamur yang dapat dikonsumsi dan memiliki ciri-ciri umum, yaitu tubuh buah yang berwarna putih hingga krem, serta memiliki tudung yang berbentuk lingkaran mirip dengan cangkang tiram. Umumnya jamur tiram mengalami dua tipe perkembangbiakan dalam siklus hidupnya, yaitu secara aseksual dan juga secara seksual. Secara umum reproduksi aseksual terjadi melalui […]

1) Persyaratan Benih  Tanaman melon yg sehat & berproduksi optimal berasal dari bibit tanaman yg sehat, kuat & terawat baik pada awalnya. Benih direndam kedalam larutan Furadam & Atonik selama 2 (dua) jam. Benih yg baik berada di dasar air, & benih yg kurang baik akan mengapung di atas permukaan air. Oleh sebab itu pembibitan […]

I. UMUM 1.1. Sejarah Singkat Budidaya Tanaman Kina ( Chinchona spp ) Kina merupakan tanaman obat berupa pohon yang berasal dari Amerika Selatan di sepanjang pegunungan Andes yang meliputi wilayah Venezuela, Colombia, Equador, Peru sampai Bolivia. Daerah tersebut meliputi hutan-hutan pada ketinggian 900-3.000 m dpl. Bibit tanaman kina yang masuk ke Indonesia tahun 1852 berasal […]

Kimpul merupakan keluarga talas yang berasal dari Amerika Tengah dan menyebar ke daerah-daerah tropika. Tanaman kimpul dapat tumbuh di hampir seluruh kepualauan di Indonesia hingga ketinggian 1300 mdpl. Salah satu jenis kimpul yang terkenal adalah kimpul gendruk. Kimpul gendruk merupakan tanaman tegak dengan pelepah berwarna hijau mda. Pelepah menyatu dengan batang dan akan terasa halus […]