Anda hobi berkebun, tapi BELUM punya pohon anggur? Duh, sayang sekali… Padahal banyak keuntungan menanam buah eksklusif ini.   Saya ingin menunjukkan kepada anda tentang alasan-alasan penting mengapa tanaman anggur PERLU ada di kebun dan pekarangan rumah kita. B" />

< readability="214.50398040416">

Rumah Dihiasi Tanaman Anggur

 

Anda hobi berkebun, tapi BELUM punya pohon anggur?

Duh, sayang sekali…

Padahal banyak keuntungan menanam buah eksklusif ini.

 

Saya ingin menunjukkan kepada anda tentang alasan-alasan penting mengapa tanaman anggur PERLU ada di kebun dan pekarangan rumah kita.

Banyak penghobi akhirnya tertarik mengoleksi pohon anggur setelah mengetahui BENEFIT tanaman spesial ini.

Mari kita mulai . . .

 

5 KEUNTUNGAN MENANAM ANGGUR DI RUMAH”


 

1. Lokasi Tanam Fleksibel

Tak peduli pekarangan rumah kita luas atau sempit, bahkan hanya dengan lahan 1 x 1 meter pun kita tetap bisa menanam anggur.

Yang diperlukan hanyalah kreatifitas kita dalam merancang model rambatan sesuai ukuran lahan yang tersedia, serta area tanam seluas 1 x 1 meter sebagai lokasi penanaman pokok anggur.

Apabila pekarangan anda terlalu sempit, ada banyak solusi yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah merambatkan percabangan anggur ke tembok rumah atau dibuat para-para. Berikut contohnya:

Merambatkan anggur ke tembok rumah

Pergola Anggur di Teras Rumah

Selain itu, bagi anda yang memiliki bangunan dengan atap cor (dak beton), bisa menanam pohon anggur di pot dan diletakkan di atas atap.

Bahkan…

Jika tidak tersedia lahan sama sekali, anda tetap bisa menanam anggur dan membuat rambatan di atas atap rumah seperti berikut:

Pohon anggur di atas atap rumah

Lokasi tanam anggur sangat fleksibel, bukan!?

 

2. Perawatan Mudah

Tak berbeda jauh dengan pohon buah lain seperti jambu, mangga, jeruk, kelengkeng, dan seterusnya, tanaman anggur memiliki level perawatan yang relatif mudah.

Namun dengan catatan…

Kita menanam varietas anggur yang tergolong perawatan mudah seperti; Caroline Black Rose, Yellow Belgie, Maroo Seedless, Ninel, Jupiter Seedless, Souvenir, Akademik Avidzba, dan masih banyak lagi.

Saking mudahnya dirawat, bahkan hanya dengan perawatan seala-kadarnya pun, pohon anggur bisa tetap tumbuh dan berbuah lebat seperti contoh berikut:

Tabulampot Anggur Kuning

 

3. Genjah (Cepat Berbuah)

Bagi anda yang suka mengoleksi pohon buah tipe Genjah (cepat berbuah), anggur adalah pilihan tepat.

Tanaman anggur mulai berbuah pada usia 1,5 tahun setelah penanaman di lahan. Bisa lebih atau kurang, tergantung perawatan. Sumber: Bertanam Anggur Oleh Ir. Toni Suyono, MM (Widyaiswara PPPPTK Pertanian)

Sedangkan untuk penanaman di pot, pohon anggur hanya perlu 6-8 bulan untuk berbuah. Contoh tabulampot anggur usia muda yang sudah belajar buah:

 

4. Berbuah Produktif

Di Indonesia, tanaman anggur mampu berbuah 2 – 3 kali pertahun. Dalam sekali panen, buah yang dihasilkan mencapai 15 – 45 kg/pohon. Sumber: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/category/anggur

Apabila setahun berhasil berbuah 3 kali, maka setiap pokok anggur mampu menghasilkan buah antara 45 – 135 kg/tahun.

Penyebab hasil panen relatif pada rentang tersebut karena produktifitas buah sangat dipengaruhi oleh:

  • varietas yang dipilih
  • usia tanaman
  • kualitas perawatan
  • model rambatan yang digunakan
  • dan masih banyak lagi . . .

 

Jika anda memiliki pekarangan yang lebih luas, kemudian menanam 10 pokok anggur saja. Maka dalam setahun anda bisa panen 450 – 1.350 kg. Sangat menggiurkan, bukan!?

 

5. Berumur Panjang

Seperti pohon mangga, durian, kelengkeng, dan semisalnya, pohon anggur pun memiliki usia hidup yang panjang.

Bahkan banyak dijumpai yang berusia sangat tua dan masih tetap berbuah. Contohnya ini:

Tanaman anggur usia ratusan tahun tetap berbuah

Umurnya yang panjang, memberikan peluang besar kepada anak dan cucu kita untuk menikmati buahnya sepanjang tahun. Sehingga bisa menjadi pohon berharga bagi sanak-keluarga hingga kita tiada, serta menjadi amal jariyah selama tanaman masih hidup.

Bagi anda yang suka menanam buah untuk hasil jangka panjang, tanaman anggur sangat layak anda pertimbangkan.

Saya dan kawan-kawan kolektor pun…

Telah memasukkan anggur dalam daftar tanaman buah yang WAJIB dimiliki untuk kepentingan keluarga.

 

 

“5 MANFAAT POHON ANGGUR YANG SANGAT FUNGSIONAL”


 

1. Sebagai Atap Peneduh

Bagi sebagian orang, tanaman anggur dimanfaatkan sebagai atap peneduh teras, garasi mobil, kolam ikan, area bermain anak, dan masih banyak lagi.

Berikut contohnya:

Membuat Kanopi dari Pohon Anggur

 

2. Sebagai Dekorasi Eksterior Rumah

Jika anda memiliki hobi menghias eksterior rumah tinggal dengan tanaman hidup, maka pohon anggur sangat layak dicoba.

Dengan mengatur struktur percabangan yang artistik, tanaman anggur akan tampil cantik dan eksotik, sehingga meningkatkan nilai estetika eksterior rumah secara signifikan.

Berikut contohnya:

Tanaman Anggur Sebagai Penghias Eksterior Rumah

 

3. Sebagai Penyekat atau Pagar Hidup

Pekarangan anda cukup luas dan ingin disekat agar lebih rapi?

Gunakan saja pohon anggur!

Tanaman ini sangat ideal dijadikan pagar hidup yang produktif. Saya katakan produktif karena disamping fungsinya sebagai penyekat, ia juga menawarkan hasil buah yang banyak setiap tahunnya. Jadi sangat menguntungkan, bukan!?

Pada kasus lain…

Memiliki pekarangan rumah yang bersandingan langsung dengan pekarangan tetangga membuat kita sungkan untuk mendirikan pagar tembok.

Padahal keberadaan pagar sangat penting sebagai pembatas.

Kebanyakan orang akan menggunakan pagar hidup sebagai solusi terbaik. Karena pagar dari tanaman berkesan lebih ramah dibandingkan pagar tembok.

Dengan pagar hidup, hubungan bertetangga akan tetap harmonis dan saling menghargai. Perkara ini sangat penting demi tercapainya suasana kondusif di kehidupan tempat tinggal kita.

Nah, tanaman anggur bisa jadi solusinya.

Berikut contohnya:

Pagar Dari Tanaman Anggur

Pagar Hidup dari Pohon Anggur

 

4. Sebagai Tabulampot

Anda pecinta tanaman buah dalam pot dan sudah bosan dengan tabulampot yang itu-itu saja?

Mungkin inilah saatnya anda mencoba tabulampot anggur!

Saya telah membuat tutorial lengkap cara menanam anggur di pot, disertai perawatan dari awal tanam hingga teknis pembuahan. Anda bisa membacanya di sini: (TUTORIAL) Tabulampot Anggur Exclusive – 8 Bulan Siap Berbuah

Contoh tabulampot anggur:

 

5. Sumber Penghasilan Tambahan

Sebelumnya sudah saya bahas soal produktifitas buah anggur dalam setahun, yaitu antara 15 – 45 kg per sekali panen, atau 45 – 135 kg pertahun untuk 3 kali panen.

Apabila kita menanam 10 pokok anggur saja, maka akan didapatkan sekitar 0,45 – 1,35 ton anggur per tahun.

Sementara harga buah anggur ke pengecer (pedagang buah) saat ini antara Rp20.000 – Rp30.000 /kg. Silahkan anda hitung total pendapatan dalam setahun!

Sangat profitable, bukan!?

Budidaya Anggur

 

Itulah 10 benefit menanam pohon anggur di halaman rumah yang bisa kita manfaatkan. Sebetulnya masih banyak keuntungan dan manfaat lainnya dari tanaman ini. Silahkan anda explore lebih luas lagi untuk menemukannya.

Mudah-mudahan artikel ini dapat menginspirasi kita dalam berkebun buah exclusive.

Terimakasih dan salam berkebun!

 

Tags: artikel budidaya anggur, budidaya anggur dari biji, budidaya anggur di dataran rendah, budidaya anggur pdf, contoh budidaya anggur, makalah budidaya anggur, pembibitan anggur, penyakit tanaman anggur
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Bagaimana perasaan anda, ketika pohon anggur anda berbuah lebat, namun tiba-tiba banyak berry yang mengkerut/keriput seperti foto di atas? Itu adalah foto milik Bpk. Kalvin Tan yang menanyakan masalah tersebut di grup facebook saya: Komunitas Berkebun Daunku.com (klik jika anda ingin ikut bergabung). Merujuk publikasi UC Agriculture & Natural Resources tanggal 15 Juli 2010 dari […]

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas cara menanam anggur dalam pot mulai dari persiapan pra-tanam hingga perlakuan pasca-tanam. Jika anda belum membacanya, silahkan kunjungi artikel tersebut di sini: Panduan Menanam Tabulampot Anggur Untuk Pemula Sekarang mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu teknis merawat tabulampot anggur agar tumbuh subur, sehat dan cepat berbuah. Saya akan […]

Artikel ini adalah kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya di sini: Cara Merawat Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Sehat & Cepat Berbuah Anggur merupakan tanaman buah yang berasal dari Benua Amerika dan Eropa yang memiliki 4 musim dalam setahun; musim gugur, dingin, semi dan panas. Tidak seperti Indonesia yang hanya mengalami 2 musim, yaitu musim hujan dan […]

Sejak saya menerima konsultasi seputar menanam anggur dari pembaca Daunku.com, mulai tahun 2014 sampai hari ini, saya dapati tidak kurang dari 70% kasus tanaman anggur mati di usia muda adalah akibat kesalahan teknis penyiraman. Sedangkan 30% sisanya disebabkan karena faktor lain seperti overdosis pupuk, serangan hama & penyakit, keracunan pupuk kandang yang belum difermentasi sempurna, […]

Ada sebagian penghobi yang mendapati pohon anggurnya tumbuh dengan batang berbentuk pipih atau gepeng. Termasuk saya sendiri. Bisa jadi, anda pun demikian. Saya penasaran apakah kondisi tersebut normal atau tidak. Akhirnya tahun lalu saya mencari di Google referensi yang membahas perihal tersebut. Tidak butuh waktu lama, saya mendapatkan beberapa sumber yang cukup kredibel. Ternyata, kondisi […]