Jeruk baby pacitan merupakan salah satu varian jeruk manis yang dikembangkan di kota pacitan. Bahkan diantara yang lainnya, jeruk baby pacitan merupakan jeruk yang paling manis bahkan sebelum buah nya matang. Jeruk ini disebut jeruk baby karena air perasan buah nya yang memang jernih dan bebas dari serpihan bulir buah. Selain itu, jeruk ini juga sangat sehat dikonsumsi bayi karena tidak akan menganggu pencernaan. (baca juga: Manfaat Jeruk Bali , Manfaat Jeruk Asam)

Pohon jeruk baby biasanya dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki hawa sejuk dengan ketinggian 500-1000 meter di atas permukaan air laut. Selain memiliki rasa yang manis dikonsumsi, jeruk baby pacitan ini ternyata juga mengandung banyak sekali-zat-zat penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh antara lain adalah kandungan dari vitamin C, vitamin B6, karotenoid, beta cryptoxhantin, serat, dan masih banyak lainnya dalam kadar yang cukup tinggi. Berikut ini beberapa manfaat jeruk baby pacitan yang perlu anda ketahui. (baca juga: Manfaat Minyak Akar Wangi , Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan)

1. Menurunkan resiko kanker

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk baby cukup tinggi yaitu 116,2% dari jumlah asupan sehari-harinya. Kandungan vitamin C inilah yang dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker usus besar yang seringkali diakibatkan oleh adanya radikal bebas. Kandungan karotenoid serta beta cryptoxhantin nya juga mampu membantu menurunkan tingkat resiko kanker perkembangan kanker paru-paru. Selain itu terdapat pula kandungan D-limonene yang mampu membantu menurunkan resiko dari kanker kulit, mulut, dan lainnya. (baca juga: Manfaat Kopi Hijau , Manfaat Daun Jeruk Lemon)

2. Menurunkan resiko diabetes

Meskipun makanan yang manis sangat dilarang bagi penderita diabetes, namun jeruk baby sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan rasa manis dari jeruk bbay pacitan ini mengandung gula fruktosa dan serat yang malah membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga kadar gula tetap dalam batas yang normal. Jeruk baby sangat sehat dan aman anda masukkan ke dalam menu makanan anda sehari-hari untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh. (baca juga: Manfaat Bunga Dahlia , Manfaat Diabetasol )

3. Menurunkan kadar kolestrol

Selain membantu menurunkan kadar gula di dalam darah, jeruk baby juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol. Hasil study yang dilakukan di Amerika Serikat dan Kanada menyebutkan bahwa kulit buah jeruk baby mengandung polymethoxylated flavon yang dapat membantu menurunkan kolestrol di dalam darah dan bahkan lebih efektif dibandingkan obat-obatan kimia lainnya. (Baca Juga: Manfaat Buncis Untuk Kolesterol , Manfaat Daun Kelor untuk  Kolesterol)

4. Menjaga tekanan darah tetap normal

Vitamin B6 yang ada di dalam jeruk baby sangat membantu untuk proses produksi hemoglobin di dalam tubuh. Jeruk baby juga mengandung magnesium yang dapat membantu menjaga tekanan darah di dalam tubuh agar tetap normal. Sehingga bagi penderita tekanan darah tingi maupun rendah sangat dianjurkan mengkonsumsi jeruk baby sehari-harinya. (Baca Juga: Manfaat Mengkudu untuk Hipertensi , Manfaat Belimbing Untuk Hipertensi)

sponsored links


5. Mengatasi sariawan

Kekurangan vitamin C di dalam tubuh dapat menyebabkan beragam penyakit seperti sariawan. Untuk mengatasi dan mencegah sariawan di dalam rongga mulut, tentunya kebutuhan vitamin C anda harus tercukupi setiap harinya. Anda dapat mengkonsumsi jeruk baby pacitan ini yang memang tinggi kadar vitamin C nya sehingga dapat mengatasi masalah tersebut. (baca juga: Manfaat Bunga Kecombrang , Manfaat Biji Rambutan)

6. Membantu perkembangan otak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jeruk baby ini aman dan sehat jika diberikan untuk bayi. Anda tak perlu khawatir akan adanya alergi atau semacamnya. Pada umumnya, bayi jarang mengalami reaksi alergi yang disebabkan oleh jeruk melainkan dari jenis-jenis makanan dari hewan. Kandungan asam folat yang ada di dalam buah jeruk baby dapat berperan cukup penting untuk perkembangan otak buah hati anda. (Baca Juga: Manfaat Ikan Dori , Manfaat Tanah Merah)

7. Menenangkan syaraf dan otot

Di dalam jeruk baby pacitan mengandung fitonutrient seperti inositol dan flavonoid yang dapat membantu menenangkan syaraf dan otot di dalam tubuh kita. Sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika anda ingin merasa rileks sejenak dari aktivitas yang padat. (Baca Juga: Manfaat Tanah Organosol , Manfaat Tanah Kapur)

8. Sumber Kalium

Selain menjadi sumber vitamin C yang alami, jeruk baby pacitan juga merupakan sumber kalium alami yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kalium sangat diperlukan oleh tubuh untuk dapat menjaga kesehatan jantung, keseimbangan tekanan darah serta menurunkan resiko osteoporosis. (baca juga: Manfaat Bulu Halus Wajah , Manfaat Markisa Merah)

Nah banyak sekali bukan manfaat yang bisa anda dapatkan melalui jeruk baby pacitan. Anda dapat memasukkan jeruk baby pacitan ke dalam menu makanan anda sehari-harinya untuk hidup yang lebih sehat.

 

Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]