Anda pasti tidak asing dengan buah pisang. Buah kekuningan ini sangat populer di Indonesia. Buahnya yang sudah matang bisa dikonsumsi langsung sedangkan yang belum matang bisa diolah menjadi makanan lain seperti keripik. Daunnya pun sering dimanfaatkan sebagai alas hidangan dan pembungkus makanan tradisional.

Buah pisang diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun tahukah anda bagian lain dari tanaman pisang juga memiliki manfaat yang tidak kalah banyak dari buah pisang. Utamanya adalah bagian akar pisang. Akar pisang faktanya mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberikan efek menyehatkan bagi tubuh.

Kandungan yang dimiliki akar pisang antara lain:

  • serotonin
  • norepinefrin
  • tanin
  • hidroksitriptamin
  • dopamin
  • vitamin A
  • vitamin B
  • vitamin C

Meskipun belum ada penelitian lebih mendalam mengenai akar pisang yang dipublikasikan, namun akar pisang diklaim dapat mengobati beberapa penyakit, diantaranya dapat mengobati hematuria atau kencing berdarah yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kandung kemih. Selain itu terdapat manfaat lainnya, yaitu:

  1. Penawar Racun

Kemampuan akar pisang untuk menjadi obat penawar racun ternyata telah digunakan dari generasi ke generasi sebagai ramuan herbal tradisional. Hal ini salah satunya dikarenakan oleh tanin yang juga dapat digunakan sebagai antiseptik.

  1. Pereda Demam

Pada dasarnya akar pisang memiliki sifat anti piretik yang dapat memberi efek dingin pada tubuh. Efek dingin inilah yang nantinya dapat digunakan untuk meredakan tingginya sihu badan (demam). Anti piretik sendiri merupakan istilah kesehatan yang digunakan untuk merujuk obat pereda demam dengan cara mempercepat aliran darah dan mengeluarkan suhu panas melalui pori-pori sebagai keringat.

  1. Mendinginkan Darah

Kemampuan antipiretik lainnya yang terkandung pada akar pohon pisang adalah dapat mendinginkan darah.

  1. Anti-Radang

Akar pisang rupanya telah menjadi obat tradisional yang digunakan untuk mengobati peradangan dari generasi ke generasi.

Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda dapat mencuci satu genggam akar pisang kepok sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Sambil diremas-remas tambahkan tambahkan ¾ cangkir air masak. Setelah itu peras akar pisang sampai Anda mendapatkan sarinya kemudian saring. Gunakan air sari akar pisang tersebut untuk berkumur 4-6 kali sehari sampai radang Anda sembuh.

Untuk mengobati radang otak, Anda dapat meminum jus akar pisang. Caranya cuci akar pisang sebanyak 200 gram sampai bersih. Kemudian blender bersama air masak secukupnya. Setelah itu minum jus akar pisang secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

  1. Mengobati Hipertensi

Bagi penderita hipertensi (darah tinggi) akar pisang juga berguna untuk mengobati dan bahkan mencegah terjadinya hipertensi. Cara menggunakan akar pisang untuk hipertensi adalah dengan cara merebus akar pisang segar sebanyak 30-120 gram. Setelah dingin Anda dapat meminum airnya sebagaimana Anda meminum teh. Untuk mendapat hasil yang optimal minum satu cangkir sehari tiga kali secara rutin.

Penting untuk hipertensi:

  1. Asma

Sifat akar pisang yang anti inflamasi serta anti piretik bisa dimanfaatkan juga untuk mengatasi penyakit sesak nafas atau asma.

Penting untuk asma:

  1. Pereda Rasa Sakit

Untuk luka ringan akar pisang bisang digunakan sebagai pereda rasa sakit. Tanin yang terkandung pada akar pisang dapat membantu mencegah rasa sakit pada luka baru. Sedangkan untuk membantu menutup pembuluh darah Anda dapat menggunakan manfaat getah pisang.

  1. Baik Untuk Mata

Akar pisang baik untuk mata karena akar pisang mengandung vitamin A. Meskipun tidak sebanyak pada manfaat wortel seperti yang kita ketahui manfaat wortel untuk mata, akar pisang bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh.

  1. Mengobati Sariawan

Akar pisang rupanya juga memiliki kemampuan untuk mencegah serta mengobati sariawan Hal ini karena akar pisang dapat bertindak sebagai antiseptik melawan infeksi dan anti inflamasi.

Penting untuk sariawan:

  1. Mengobati Maag atau Borok Lambung (bibis)

Fungsi lain dari efek dingin yang dimiliki akar pisang adalah menenangkan lambung. Kandungan dopamin yang ada pada akar pisang juga dapat menghambat pengeluaran asam lambung sehingga baik untuk mencegah timbulnya penyakit maag.

Untuk mengobati maag yang disertai mual dan perih anda dapat menggunakan air rendaman akar pisang sebagai herbal alternatif. Caranya cukup bersihkan akar pisang tidung selama beberapa saat. Setelah dirasa cukup lama minumlah air hasil rendaman tadi.

  1. Penyakit kulit

Kandungan anti piretik dan anti inflamasi yang ada pada akar pisang juga dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

Manfaat akar pisang untuk tubuh memang masih belum diteliti dengan begitu detail namun tidak dapat dipungkiri bahwa akar pisang telah digunakan sebagai tanaman herbal bahkan sejak sebelum pengobatan modern berkembang begitu pesat. Pengetahuan mengenai akar pisang sebagai obat tradisional telah diturunkan dari generasi ke generasi. Untuk penggunaan sebagai obat tradisional hanya dibutuhkan beberapa mili liter ekstrak akar pisang yang dikonsumsi setiap hari setidaknya 2-3 kali sehari secara rutin.

 

Tags: kandungan akar pisang, manfaat akar pisang, mengobati hematuria dengan akar pisang, mengobati kencing berdarah dengan akar pisang
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kemunting, Kaya Antioksidan Buahnya mempunyai biji kecil seperti jambu, tapi tidak terlalu mengandung air. Setelah bagian kepalanya dibuang, kemunting dapat langsung dimakan bersama kulitnya. Buah kemunting juga dapat diolah menjadi dodol , selai, dan sirup. Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa), menurut Wikipedia, adalah tumbuhan berbunga di dalam keluarga Myrtaceae. Tumbuhan ini asli tumbuhan Asia Selatan dan Asia […]

Manfaat Sayuran Hijau – Untuk mendukung tercukupnya kebutuhan nutrisi dan serat sehari-hari, seseorang harus mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang kaya akan manfaat. Seringkali orang kurang memperhatikan apa saja nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau, dan hanya berpikir manfaat satu-satunya sayur adalah sebagai serat untuk melancarkan pencernaan. Padahal, sayuran hijau memiliki sejuta manfaat yang lebih dari itu. Contohnya […]

  Kandungan zat penting pada tumbuhan delima merah (Punica granatum) sangat berperan dalam menangkal sejumlah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, melawan penularan virus HIV dan sejumlah penyakit lainnya. Saat ini dalam berbagai jurnal kesehatan telah dipublikasikan manfaat tanaman delima merah, seperti dilansir oleh sejumlah media masa. Hasil peneltian para ahli menyimpulkan bahwa delima […]

Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyebabkan sendi si penderita menjadi nyeri, terasa panas, meradang, dan bahkan bengkak. Asam urat menyerang area di beberapa bagian tubuh kita seperti di area sendi jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan juga lutut. Biasanya gangguan yang satu ini menyerang kelompok lanjut usia, namun sekarang asam urat tidak hanya […]

Bayam adalah tanaman hijau dengan daun berbentuk bulat berukuran tidak terlalu besar. Tinggi tanaman ini tidak lebih dari 30 cm. Akar bayam ada yang serabut ada juga yang akar tunggang. Akar bayam dipercaya tidak kalah berkhasiatnya dengan daun bayam. Akar bayam memiliki kandungan nutrisi antara lain : zat besi yang tinggi, protein, serat, dan berbagai […]