Kantong semar, pasti banyak yang sudah pernah mendengar nama tanaman yang satu ini. ya, kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman unik yang saat ini hanya bisa ditemui pada tempat – tempat khusus, seperti daerah hutan dan juga lokasi taman wisata. Kantong semar merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam golongan karnivora alias pemakan daging. Kantong semar melahap setiap serangga yang datang mendekat, dan kemudian menjadikan serangga tersebut sebagai santapannya.

kantong semarSebagai salah satu tanaman di daerah tropis, kantong semar bisa kita temui pada berbagai Negara yang masuk ke dalam iklim tropical, seperti Indonesia, China, Malaysia, Daerah – daerah di benua Afrika, India dan juga Australia. Di Indonesia sendiri, kantong semar memiliki spesias terbanyak di daerah Kalimantan dan juga Sumatra. Kantong semar merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapati 15 hingga 20 meter, dan menempel pada batang – batang pohon. Kantong semar akan menarik mangsanya, dan kemudian akan melahap mangsanya, seperti serangga, bahkan kodok, untuk kemudian dicena.

Ternyata, tanaman kantong semar atau yang sering dikenal sebagai tropical pitcher plant dalam bahasa Inggris ini memiliki banyak manfaat juga bagi manusia. Apa saja manfaat dari tanaman kantong semar yang termasuk ke dalam salah satu satwa langka ini? berikut ini adalah beberapa manfaat kantong semar :

  1. Sebagai tanaman hias

Manfaat pertama dari tanaman kantong semar, meskipun tidak biasa adalah sebagai salah satu tanaman hias. Ya, bentuk dari tanaman kantong semar yang unik dan juga menarik ini dapat menimbulkan kepuasan tersendiri bagi mereka yang memliharanya sebagai tanaman hias. Kantong semar dapat menambah pesona pekarangan rumah anda, karena memiliki bentuk yang sangat unik, dan juga dapat mempercantik halaman rumah anda.

Meskipun demikian, jagalah populasi kantong semar, karena tanaman kantong semar ini merupakan salah satu jenis tanaman dengan spesies yang langka, sehingga harus dijaga keberadaannya, dan tidak boleh sembarangan dalam memliharanya.

Artikel mengenai tanaman hias

  1. Sebagai penangkap serangga

Bagi anda yang tinggal pada lokasi yang berdekatan dengan kantong semar, atau mungkin anda yang memang memlihara tanaman kantong semar ini, maka lingkungan anda akan terhindar dari serangan serangga yang mengganggu, seperti nyamuk, lalat, dan juga jenis serangga lainnya. Dengan begitu, maka anda akan merasa lebih nyaman untuk tinggal atau menetap pada lokasi tersebut, karena kantong semar bisa menjadi salah satu pembasmi nyamuk alami.

  1. Sebagai obat batuk

Manfaat lainnya dari kantong semar adalah sebagai obat batuk. Ya, kantong semar ternyata diyakini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit batuk yang anda alami. Cara mengkonsumsi ata mengolah kantong semar untuk mengobati batuk pun sangatlah mudah. Yang harus anda lakukan adalah cukup mengambil cairan yang berada di dalam kantung semar tersebut, lalu kemudian minumlah cairan dari dalam tanaman kantung semar tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit batuk yang anda alami. Meskipun demikian, apabila anda tidak memelihara tanaman kantung semar ini, mungkin cukup sulit untuk memperoleh cairan tersebut.

  1. Untuk mengganti air minum

Bagi anda yang senang berpetualang, terutama pergi ke daerah pegunungan ataupun alam liar seperti hutan, maka tanaman kantong semar ini akan sangat bermanfaat bagi anda. apabila anda merasa haus dan juga mungkin memiliki stok air yang sedikit dan juga menipis, maka anda bisa mencoba untuk mencari tanaman kantung semar di tengah perjalanan anda. cairan yang ada pada kantong semar ternyata memiliki tingkat keasaman yang netral, sehingga sangat baik untuk diminum sebagai pengganti air minum biasa. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga anda dapat melanjutkan perjalanan anda dengan tenang.

  1. Sebagai obat sakit perut

Manfaat lainnya dari tanaman kantong semar yang mungkin bisa anda gunakan secara darurat adalah sebagai obat sakit perut. Ya, cairan dan juga akar dari tanaman kantong semar juga memiliiki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit perut yang anda alami. Caian pada tanaman kantong semar dapat membantu menyembuhkan dan juga meredakan peadangan pada bagian lambung, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sakit perut pada diri anda.

  1. Mengobati luka bakar

Selain dapat dimanfaatkan untuk pengobatan luka yang berada di dalam, seperti sakit perut dan juga obat batuk atau sakit tenggorokan, tanaman kantong semar juga memiliki manfaat yang lain yang penting bagi tubuh, dan juga bagian luar tubuh. cairan dari tanaman kantong semar dapat membantu mengobati luka bakar. Cairan tersebut bersifat mendinginkan dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi akibat dari luka baka yang terjadi.

Top 1 Pengangkat sel kulit mati :

  1. Menyembuhkan sakit mata

Manfaat lainnya dari tanaman kantong semar yang juga baik untuk kesehatan kita adalah dapat membantu menyembuhkan sakit mata. Apabila anda mengalami sakit mata, seperti terkena iritasi dan juga terkena debu, kemudian mata anda memerah, maka cobalah untuk mengompres mata anda dengan menggunakan campuran air dan juga cairan dari tanaman kantong semar tersebut. Dengan melakukan metode tersebut, maka sakit mata anda dapat reda dan juga akan mengalami kesembuhan.

Itulah 7 manfaat penting dari kantong semar bagi kita semua. Meskipun bermanfaat, namun demikian kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong langka, sehingga pelestariannya harus kita jaga. Apabila memungkinkan, kita harus bisa ikut melestarikan keberadaan dari kantong semar tersebut, karena merupakan salah satu jenis binatang karnivora yang sangat unik dan juga bermanfaat.

Semoga artikel mengenai manfaat kantong semar ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda sekalian. Terima kasih.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]