PEKANBARU, RIAUAKSI.com- Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau meminta masayarakat Riau untuk membeli bibit sawit yang memiliki sertifikasi  resmi dan ditempat yang resmi. Pasalnya, saat ini banyak bibit sawit yang tidak resmi beredar disejumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.

“Kita terus memberikan pembinaan pada masyarakat untuk menggunakan bibit sawit yang bagus,”kata Kepala Disbun Provinsi Riau Zulher, kepada Riauaksi.com saat menghadiri acara Laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah provinsi Riau tahun 2012,  di DPRD Provinsi Riau, Senin (25/3/2013).

Zulher menilai, banyak masayarakat Riau yang ingin berkebun sawit tapi asal membeli bibit sawit kemudian ingin yang murah. Namun, masyarakat tidak memikirkan jangka panjang untuk berkebun sawit tersebut.

“Disbun Riau belum ingin memproses secara hukum jika menemukan bibit sawit yang tidak resmi. Pasalnya, bibit sawit palsu itu masih dibeli dan diminati  masayarakat,”tandas Zulher.

Zulher berharap, masayarakat dapat mengerti dan berpikir sebelum membuat kebun sawit. Jika kebun sawit asal dibuat tentu merugikan sekali. Oleh sebab itu, Zulher menghimbau masayarkat harus berpikir benar-benar sebelum membuat kebun sawit.

“Sawit perlu pupuk kemudian takaran pupuknya  harus diketahui. Setelah itu, masayarkat juga harus mengetahui pemeliharaannya. Oleh karena itu, semuanya harus dipelajari,”pinta Zulher. (Nov/Ar)

Sumber :

http://riauaksi.com/berita-2590-dinas-perkebunan-riau-minta-masyarakat-waspadai-bibit-sawit-palsu.html