JAKARTA-Tuntutan pasar, seolah-olah menjadi jawaban akan berbagai persoalan dan tekanan publik yang di suarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) secara masif dan sporadis. Tekanan yang kian gencar dilakukan LSM itu, secara masif membawa pula perubahan fundamental para pelaku usaha perkelapa sawitan global.

Sejak didirikan tahun 2004 silam, organisasi nirlaba Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), telah digadang-gadang sebagai jembatan komunikasi para stakeholder perkelapa sawitan global. Pasalnya, sebagian besar para pelaku usaha minyak sawit dari hulu hingga hilir, pedagang, industri consumer goods, bank dan investor, LSM sosial dan lingkungan turut menjadi anggotanya.

Organisasi meja bundar yang mengadopsi kesamaan hak dan kewajiban sebagai modelnya, memungkinkan setiap anggota untuk mengeluarkan pendapat dan keinginannya. Kendati, ketika posisi voting suara, acapkali kegagalan sering dialami pihak produsen yang minim akan dukungan anggota lainnya.

Advertisements

Kendati terbilang masih berusia muda, namun kiprah RSPO tak bisa dipandang sebelah mata. Melalui terobosan awalnya, membuat prinsip dan kriteria berkelanjutan yang di audit oleh lembaga auditor independen. Bila lulus standar RSPO, maka produksi yang dihasilkan, layak menyematkan logo RSPO Certified Sustainable Palm Oil (CSPO) sebagai identitas minyak sawit berkelanjutan.

Menurut Chairperson RSPO, Biswaranjan, RSPO mendorong stakeholder perkelapa sawitan menghasilkan dan menggunakan minyak sawit berkelanjutan. RSPO merupakan organisasi nir laba yang beranggotakan secara sukarela.

“Menghentikan deforestasi dan memastikan rekam jejak setiap produksi minyak sawit yang digunakannya, menjadi bagian dari tanggung jawab anggota RSPO,” ujar Biswaranjan menegaskan. (T1)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Edisi Desember 2014 http://www.store.infosawit.com/

PENAWARAN kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA.

PPKSBENIH SAWIT PPKS : ISI 250 BIJI

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

SOCFINDO

BENIH SAWIT SOCFINDO : ISI 250 BIJI

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

BENIH LONSUM

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

TUNGGU APA LAGI PESAN SEKARANG JUGA. PILIH BENIH YANG BERKUALITAS UNTUK MASA DEPAN INVESTASI ANDA.KARENA HARGA SAWIT DARI TAHUN MENGALAMI KENAIKAN

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan BENIH LONSUM, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan BENIH LONSUM, 4 bungkus , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman bENIH sAWIT UNGGUL ke Anda. Proses persiapan dan pada saat pengiriman membutuhkan waktu 3 hari setelah pembayaran.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements