June 18, 2013

Jakarta, EnergiToday — Sekitar 250 hektare Kebun Topaz yang berada di Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, dikhususkan untuk memproduksi benih dan bibit sawit yang menjadi andalan Asian Agri.

General Manager PT Tunggal Yunus Estate (TYE) Ang Boon Benga mengatakan, kebun kelapa sawit di Topaz memiliki luas area sekitar 6.000 hektare. Namun, setelah diserahkan ke masyarakat setempat, yang tersisa hanya sekitar 4.400 hektare.

“Dari 4.400 hektare luas Kebun Topaz, sekitar 250 hektare digunakan untuk produksi benih dan bibit sawit,” katanya melalui telepon dari Pekanbaru, seperti dilansir dalam beritadaerah.com, Senin (17/6).

Di lahan seluas 250 hektare TYE melakukan penelitian sekaligus memproduksi benih dan bibit sawit berkualitas untuk kepeluan Asian Agri yang menjadi grup usaha dan selebihnya dijual kepada masyarakat lokal dan perusahaan-perusahaan besar.

Penemuan bibit sawit berkualitas dimulai pada 1992 dan ketika itu tim peneliti di Topaz melakukan seleksi dan percobaan persilangan pohon induk asal Costa Rica selama bertahun-tahun.

Hasil seleksi dan percobaan tersebut lantas ditanam di Kebun Topaz pada 2006 setelah mendapat izin dari Kementerian Pertanian RI Nomor 57-60/KPTS/SR.120/I/2004. Dengan induk kelapa sawit jenis Dura dan Pisifera. (RR/BDC)

Sumber : http://energitoday.com

Baca Info Tentang Sawit di :

Berita/Artikel Menarik Lain di :