Tanaman buncis merupakan tanaman yang tak terlepas dari serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat menyerang tanaman apa saja termasuk tanaman buncis.

Pengendalian Hama dan penyakit ini lah yang menjadi penghalang bagi petani untuk mendapatkan hasil panen yang bagus. Hasil panen akan menjadi tidak bagus karena adanya serangan hama dan penyakit.

Apabila Anda seorang petani tanaman buncis, segera lakukan pengendalian apabila hama dan penyakit menyerang tanaman buncis. Akibatnya sangat fatal jika hama dan penyakit telat dikendalikan.

Apa yang akan terjadi apabila lambat dalam hal pengendalian hama dan penyakit? Yang akan terjadi adalah Anda akan mengalami gagal panen. Gagal panen dalam jumlah besar akan mengakibatkan kerugian yang besar pula.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Buncis

Ada begitu banyak jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman buncis. Beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman buncis diantaranya adalah sebagai berikut.

Hama

Hama yang sering menyerang tanaman buncis diantaranya adalah sebagai berikut.

Lalat kacang

Lalat kacang juga dikenal dengan sebutan Agromyza phaeseoli. Lalat kacang ini menyerang pada bagian daun tanaman. Tanda-tanda awal adanya penyerangan adalah daun tanaman menjadi berlubang-lubang di segala titik.

Apabila penyerangan lalat kacang ini semakin parah, maka lalat kacang akan menyerang pada bagian batang tanaman. Yang akan terjadi apabila lalat kacang menyerang batang adalah batang menjadi bengkok

Lama kelamaan tanaman akan menjadi layu dan daunnya berubah warna menjadi kuning. Jika dibiarkan, tanaman buncis akan mati dalam keadaan masih muda.

Kutu daun

Serangan kutu daun ini sangat berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena kutu daun ini mengisap cairan yang ada di dalam tanaman buncis. Apabila cairan tanaman telah dihisap, maka tanaman akan menjadi kerdil, daun menjadi keriting dan akan berwarna kuning.

Penyerangan yang sudah parah akan menyebabkan tanaman menjadi mati. Hama yang memiliki nama lain Aphis gossypii ini menyerang pada tanaman yang masih muda. Namun tidak jarang pula ditemukan menyerang pada tanaman yang sudah dewasa atau yang masih bibit.

Penyakit

Penyakit yang sering menyerang tanaman buncis diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit karat

Penyakit karat ini disebabkan oleh cendawan Uromyces appendiculatus. Apabila penyakit karat telah menyerang tanaman buncis, tanda-tandanya adalah pada bagian daun atas dan bawah tanaman terdapat bintik-bintik cokelat.

Lama kelamaan jika tidak segera ditangani penyakit ini akan menyebabkan tanaman menjadi mati.

Penyakit busuk lunak

Penyakit busuk lunak disebabkan oleh bakteri. Tanda-tanda apabila penyakit busuk lunak menyerang tanaman buncis adalah timbulnya bercak cokelat disertai dengan air pada bagian daun.

Penyakit busuk lunak cepat dalam penyebarannya. Apabila dibiarkan, maka semua bagian tanaman menjadi lunak dan mengeluarkan bau yang tidak enak.

Hama dan penyakit dapat kendalikan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida dengan dosis yang telah ditentukan. Untuk mencegah adanya hama dan penyakit, sebaiknya rendam benih buncis di dalam larutan fungisida selama setengah jam.

Tags: Obat Penyakit Busuk Lunak Pada Buncis, Obat Penyakit Kutu Karat pada Buncis, Pengendalian Hama Kutu Daun Pada Buncis, Pengendalian Hama Lalat Kacang Pada Buncis, Pengendalian Hama Penyakit Pada Buncis
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kacang buncis atau buncis merupakan tanaman sayuran buah semusim yang termasuk dalam kelompok polong-polongan atau leguminosa. Buncis atau kacang buncis dalam bahasa latin disebut Phaseolus vulgaris, buah, biji dan daunnya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Di Indonesia terdapat 2 type tanaman buncis, yaitu tipe merambat dan type tegak. Tanaman buncis tipe tegak memiliki batang yang pendek […]

Metode Sloping Agriculture Land Technology (SALT) merupakan salah satu teknik untuk menata lahan miring yang diperuntukan bagi kegiatan pertanian. Selama ini pemanfaatan lahan miring dalam bentuk kebun dan sawah berundak diketahui memiliki resiko erosi dan tanah longsor yang tinggi. Sehingga banyak petani enggan memanfaatkan lahan miring untuk tanaman pangan, mereka hanya memanfaatkannya untuk tanaman keras. […]

Buncis atau Phaseolus vulgaris merupakan sayuran buah yang termasuk kedalam kelompok leguminosa. Budidaya buncis cocok dilakukan di dataran sedang hingga tinggi. Ketinggian ideal bagi tanaman ini adalah 1000-1500 meter dari permukaan laut dengan suhu 20-25oC. Namun, budidaya buncis masih bisa dilakukan di dataran rendah hingga 400 meter dari permukaan laut. Budidaya buncis memerlukan cahaya matahari […]

Pestisida organik merupakan ramuan obat-obatan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang dibuat dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan untuk membuat pestisida organik diambil dari tumbuhan-tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Karena dibuat dari bahan-bahan yang terdapat di alam bebas, pestisida jenis ini lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Bila dibandingkan dengan pestisida kimia, pestisida organik […]

Antara kacang dan polong-polongan, keduanya berbeda. Akan teteapi ada kacang yang ternyata termasuk ke dalam jenis polong-polongan. Polong-polongan ini sendiri merupakan bagian dari keluarga tanaman biji-bijian yang berbentuk bulat atau agak popoh yang berbeda di dalam kelopak lunak atau agak keras. Dalam satu kelopak, biasanya terdapat beberapa biji. Polong-polongan dikonsumsi bagian bijinya, namun ada juga […]