Kunyit adalah bahan alami yang jarang kita dapatkan dari apa yang biasa kita lakukan. Apa perbedaan kunyit dan kunyit, sebenarnya keduanya sangat mirip, namun bentuk dan khasiatnya berbeda, serta kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda. Kunyit sumber atau yang bisa disebut dengan kunyit kepala memiliki manfaat lebih dan hasil yang lebih baik dibandingkan kunyit biasa. Sama, namun dengan sedikit perbedaan, bisa disamakan dengan khasiat dan manfaat bawang putih.

Seperti halnya kunyit, biang kunyit memiliki banyak manfaat bagi kita. Hal ini dikarenakan kandungan gizi biang kunyit dan sumber ini mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh kita seperti :

  1. Kurkumin

Kurkumin merupakan kandungan yang paling banyak manfaatnya bagi tubuh, kurkumin merupakan zat warna kunign pada kunyit. Kurkumin dalam biang kunyit terdiri dari 10% desmetoksikurkumin dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin.

  1. Minyak atsiri

Di dalam biang kunyit juga terdapat kandungan minyak, yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri yang ada di dalam biang kunyit terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. (Baca juga : manfaat minyak atsiri)

  1. Lemak

Dalam biang kunyit juga terdapat kandungan lemaknya, yaitu 1-3% lemak terkandung di dalamnya.

  1. Karbohidrat

Tidak hanya lemak, dalam biang kunyit juga terdapat kandungan karbohidrat yang baik, sebanyak 3%, sama halnya seperti manfaat nasi putih.

  1. Protein

Ada juga kandungan protein di dalam biang kunyit, yaitu sebesar 30%, protein merupakan salah satu kandungan yang paling banyak terdapat dalm biang kunyit.

  1. Vitamin C

Jika anda membutuhkan vitamin C, maka anda bisa konsumsi baing kunyit ini, karena vitamin C yang terkandung dalam biang ini sebanyak 45-55%.

Sumber vitamin C :

  1. Pati

Sedangkan pati memiliki konsentrasi sebanyak 8% di dalam biang kunyit.

  1. Zat besi
  2. Fosfor
  3. Kalsium

Itulah beberapa kandungan gizi yang dimiliki oleh biang kunyit, zat-zat itulah yang membuat biang kunyit memiliki manfaat dan kahsiat yang baik untuk tubuh kita. Selanjutnya kita akan membahas manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumsi biang kunyit.

Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Demam

Kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh serta efek hangat yang diberikan biang kunyit akan mampu meredakan demam.

  1. Mengatasi Kanker

Biang kunyit memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru, sehingga resiko kanker akan semakin kecil terjadi. Selain itu kandungan kurkumin dan nutrisi lainnya mampu berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan kanker.

Top untuk kanker :

  1. Melancarkan Pencernaan

Biang kunyit baik untuk pencernaan anda. Kandungan fosfor yang ada di dalam biang kunyit mampu memperlancar pencernaan anda, sehingga anda akan tetap sehat dan merasakan kenikmatan makanan secara sempurna tanpa adanya gangguan pencernaan. (Baca juga : manfaat belimbing)

  1. Meningkatkan Energi

Anda bisa meningkatkan energi dalam tubuh anda untuk beraktifitas dengan mengkonsumsi biang kunyit. Kandungan karbohidrat dan pati dalam biang kunyit akan membrikan energi tambahan untuk tubuh anda. Sehingga anda tetap bisa melakukan aktifitas tanpa mengalami rasa lelah yang berlebih. (Baca juga : manfaat karbohidrat)

  1. Meningkatkan Imunitas

Dengan mengkonsumsi baing kunyti secara teratur, maka kekebalan tubuh atau imunitas tubuh anda kan meningkat. Kandungan zat besi di dalamnya mampu mempertebal dan menguatkan imun sehingga tidak mudah terserang atau terinfeksi penyakit. (Artikel terkait : manfaat leci)

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Biang kunyit sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan tulang serta gigi kita. kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam biang kunyit mampu memberikan pertahanan ekstra untuk tulang dan gigi kita. (Baca juga : manfaat sawi dan manfaat jamur merang)

  1. Meredakan Nyeri Haid

Tidak perlu diragukan lagi bahwa biang kunyit sangat ampuh meredakan nyeri haid. Sifat antibakteri dan antiseptik mampu melawan bakteri penyebab nyeri haid. Konsumsi biang kunyit secara teratur saat terasa nyeri. (Artikel terkait: manfaat sari kunyit)

 

Manfaat Biang Kunyit Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya pada kesehatan tubuh saja, namun bagi ibu hamil biang kunyit juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

  1. Mengatasi Sakit Perut Sehabis Melahirkan

Bagi anda ibu yang baru melahirkan pasti merasakan sakit yang luar biasa pada perut anda. Namun jangan khawatir anda bisa meminimalisir sakit tersebut dengan mengkonsumsi biang kunyit. Caranya dengan membuat jamu dari campuran biang kunyit yang sudah diparut dengan manfaat jahe serta manfaat kencur. Minum 3 kali sehari secara rutin agar nyeri perut tidak terasa lagi.

  1. Melancarkan ASI

Ternyata biang kunyit juga bisa digunakan sebagai pelancar ASI, namun caranya bukan diminum atau di buat jamu. Anda cukup menghaluskan biang kunyit tyerserbut, lalu oleskan pada payudara anda. Biang kunyit tersebut memberikan efek memijat pada payudara anda, sehingga akan memacu produksi ASI anda.

  1. Memberikan Asupan Baik Bagi Bayi

Bagi ibu hamil, anda bisa memberikan asupan baik bagi bayi dengan mengkonsumsi biang kunyit, nutrisi yang ada dalam biang kunyit sangat baik bagi tumbuh kembang bayi yang ada di rahim anda. Cukup dibuat jamu dan minum secara teratur. (Artikel terkait : manfaat kiwi)

Manfaat Biang Kunyit Untuk Kecantikan

Selain cocok untuk kesehatan dan ibu hamil, biang kunyit juga bagus untuk menjaga kecantikan kulit anda, apa saja manfaat biang kunyit bagi kulit anda?

  1. Mengatasi jerawat

Penggunaan biang kunyit sebagai masker wajah mampu menghilangkkan jerawat anda. Kandungan antioksidan di dalam biang kunyit mampu membasmi bakteri penyebab terjadinya jerawat. Caranya dengan campuran biang kunyit yang sudah dihaluskan dengan manfaat madu. Oleskan campuran tersebut ke muka anda, tunggu 15 menit lalu bersihkan dengan air. (Baca juga : manfaat belimbing wuluh)

  1. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini

Dengan menggunakan biang kunyit, wajah anda akan terhindar dari kerutan dan penuaan dini. Kandungan nutrisi yang ada di dalam biang kunyit sangat baik untuk membuat wajah anda selalu cerah dan kesat tidak mudah berkerut. Caranya dengan membuat masker wajah dengan campuran biang kunyit yang sudah dihaluskan dengan manfaat tepung beras, manfaat susu, dan manfaat tomat. Oleskan pada wajah anda campuran ini selama 20 menit, setelah itu basuh dengan air bersih. (Baca juga : manfaat sari agegard)

  1. Mengatasi pigmentasi

Biang kunyit mampu menghindarkan kulit dari pigmentasi dan mendinginkan kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari, karena biang kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik. Caranya dengan membuat masker dari campuran biang kunyit yang sudah dihaluskan dengan manfaat mentimun. Oleskan pada kulit anda dan tunggu hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih, lakukan ini secara rutin agar kulit anda kembali cerah seperti semula.

  1. Melembabkan kulit wajah

Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam biang kunyit ammpu membuat wajah anda tetap dalam kondisi yang lembab dan bebas dari kering. Anda bisa gunakan biang kunyit sebagai masker wajah. (Baca juga : manfaat buah pir)

  1. Mengangkat sel-sel kulit mati

Biang kunyit ternyata memiliki kandungan dan tekstur yang mampu dimanfaatkan untuk proses eksfoliasi secara lembut dan tanpa menjadikan kulit mengalami iritasi. Dengan hanya membuat scrub dari biang kunyit yang telah anda haluskan.

Itulah berbagai manfaat dan kegunaan dari biang kunyit. konsumsi dan gunakan secara teratur agar tubuh anda mendapatkan kebaikan yang luar biasa darinya, namun tetap harus diingat konsumsi secara wajar dan jangan berlebihan.

 

Tags: kandungan biang kunyit, Kandungan Fosfor dalam biang kunyit, Kandungan Kalsium dalam biang kunyit, Kandungan Karbohidrat dalam biang kunyit, Kandungan kurkumin dalam biang kunyit, Kandungan Lemak dalam biang kunyit, Kandungan Minyak atsiri dalam biang kunyit, Kandungan Pati dalam biang kunyit, Kandungan Protein dalam biang kunyit, Kandungan Zat besi dalam biang kunyit, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Kecantikan, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Melancarkan ASI, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Melancarkan Pencernaan, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Melembabkan kulit wajah, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Memberikan Asupan Baik Bagi Bayi, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Memperkuat Tulang dan Gigi, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Mengangkat sel-sel kulit mati, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Mengatasi jerawat, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Mengatasi Kanker, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Mengatasi pigmentasi, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Mengatasi Sakit Perut Sehabis Melahirkan, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Meningkatkan Energi, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Meningkatkan Imunitas, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Menurunkan Demam, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini, Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan Untuk Meredakan Nyeri Haid
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Gusi bengkak memang sangat menyebalkan, rasa sakit yang terjadi karena gusi bengkak tidak dapat tertahankan, terkadang gusi yang bengkak menyebabkan pipi akan terlihat lebih gemuk dari pada biasanya. Selain itu, dengan gusi bengkak pula apapun menjadi tidak nyaman, terutama ketika ingin makan ataupun ketika akan berbicara, gusi bengkak memang sangat mengganggu bahkan itu sangat menyakitkan […]

Kemunting, Kaya Antioksidan Buahnya mempunyai biji kecil seperti jambu, tapi tidak terlalu mengandung air. Setelah bagian kepalanya dibuang, kemunting dapat langsung dimakan bersama kulitnya. Buah kemunting juga dapat diolah menjadi dodol , selai, dan sirup. Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa), menurut Wikipedia, adalah tumbuhan berbunga di dalam keluarga Myrtaceae. Tumbuhan ini asli tumbuhan Asia Selatan dan Asia […]

Manfaat Sayuran Hijau – Untuk mendukung tercukupnya kebutuhan nutrisi dan serat sehari-hari, seseorang harus mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang kaya akan manfaat. Seringkali orang kurang memperhatikan apa saja nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau, dan hanya berpikir manfaat satu-satunya sayur adalah sebagai serat untuk melancarkan pencernaan. Padahal, sayuran hijau memiliki sejuta manfaat yang lebih dari itu. Contohnya […]

  Kandungan zat penting pada tumbuhan delima merah (Punica granatum) sangat berperan dalam menangkal sejumlah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, melawan penularan virus HIV dan sejumlah penyakit lainnya. Saat ini dalam berbagai jurnal kesehatan telah dipublikasikan manfaat tanaman delima merah, seperti dilansir oleh sejumlah media masa. Hasil peneltian para ahli menyimpulkan bahwa delima […]

Ratu rayap? Ternyata tidak hanya lebah saja yang memiliki ratu, tetapi rayap juga memilikinya. Dan bagaimanakah cara kita membedakan antara ratu rayap dengan rayap biasa? Tenang, sangat mudah sekali membedakan keduanya. Di dalam sebuah koloni rayap hanya terdapat satu ekor saja ratu. Adapun anggota koloni lainnya terdiri dari raja, nimfa, rayap pekerja, rayap prajurit, dan […]