Advertisements

Indonesia merupakan salah satu penghasil minyak sawit terbesar di dunia, sebagai salah satu negara yang subur dan kaya akan sumber daya alam maka saat ini begitu banyak hutan-hutan di Indonesia yang beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, mulai dari perkebunan sawit tingkat masyarakat maupun perusahaan saat ini sedang gencar dalam melakukan usaha budidaya tanaman kelapa wait.

Pada dasarnya, jika suatu areal sudah memenuhi syarat tumbuh untuk tanaman kelapa wait maka tanaman kelapa sawit dapat tumbuh dan subur di areal tersebut, namun jauh dari itu masih banyak hal lainya yang harus diperhatian untuk melakukan usaha tersebut, karena banyak nya faktor yang harus diperhitungkan untuk menyelamatkan lingkungan dari dampak yang ditimbulkan dalam berbagai aspek.

Luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia saat ini sudah mencapai 10,9 juta hektar (2009-1015) yang tersebar di beberapa tempat di Indonesia seperti di Riau, Sumatera Utara dan kalimantan, 51,6 % dari 10,9 juta hektar tersebut adalah perkebunan besar milik perusahaan swasta dan 41,5 % lainya adalah perkebunan rakyat, dan saat ini masih terus berkembang dalam perluasan lahan dari perkebunan kelapa sawit diberbagai daerah tersebut.

Kehadiran perkebunan kelapa sawit di Indonesia memang membuka peluang yang besar dalam mengatasi pengangguran, karena faktanya jutaan orang menggantungkan hidup mereka dalam sektor perkebunan ini, namun banyaknya perkebunan sawit yang tumbuh dan berkembang tanpa dilakukan pengawasan yang jelas membuat lingkungan semakin rusak dan tercemar, mulai dari pembudidayaan, perawatan dan pengolahan hasil yang menimbulkan dampak negatif di berbagai sektor kehidupan. Namun demikian, perkebunan sawit tidak bisa dihentikan begitu saja karena akan menimbulkan dampak yang lebih serius lagi.

Maka dari itu diperlukan suatu penanganan yang serius dalam berbagai sektor perkebunan kelapa sawit agar tidak menimbulkan permasalahan dimasa mendatang nantinya, dalam hal ini diperlukan suatu pengawasan agar semua perkebunan dapat menerapkan sistem perkebunan kelapa sawit berkelanjutan untuk meminimalis dari dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya aktifitas perkebunan tersebut.

Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan.

Luas perkebunan kelapa sawit yang semakin lama semakin meluas di berbagai daerah di Indonesia, baik itu dalam skala besar maupun skala perkebunan rakyat, hal ini tentunya harus mendapatkan perhatian lebih karena banyak dari beberapa perkebunan kelapa sawit yang mulai berkembang tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dalam memperluas areal perkebunan yang tentunya sangat beresiko dalam perusakan lingkungan yang semakin rusak.

Perkebunan kelapa sawit yang menerapkan sistem berkelanjutan tidak hanya berpatokan kepada keuntungan yang besar namun juga selalu memperhatikan lingkungan agar tidak rusak dan tidak membuka hutan sembarangan dalam perluasan areal perkebunan, karena hutan merupakan tempat dari berbagai satwa yang harus sama-sama kita lindungi.

Prisnsip dari perkebunan kelapa sawit berkelanjutan adalah melakukan budidaya sawit yang selalu memperhatikan lingkungan agar dapat meminimalis dari dampak kerusakan yang ditimbulkan dari aktifitas perkebunan tersebut, maka dari itu perkebunan kelapa sawit berkelanjutan harus diterapkan dalam menyelamatkan satwa di Indonesia yang saat ini sudah mengalami penurunan dari aktifitas pembukaan lahan yang tidak terkendali dan tentunya suatu ancaman yang serius untuk lingkungan Indonesia baik itu lautan, daratan maupun pemanasan global yang semakin mengkhawatirkan.

Bergabung Dengan RSPO (Rountable on Sustainable  Palm Oil).

Luas perkebunan kelapa sawitt di Indonesia saat ini terus bertambah, namun pertambahan luas perkebunan tersebut tidak sebanding dengan pelestarianya, saat milyaran kubik kayu dari hutan di ambil dan diperdagangkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, baik untuk produk kertas dan sisanya untuk produk kayu yang diperjual belikan secara ilegal, Sementara untuk perkebunan kelapa sawit sendiri dikembangkan dari areal hutan yang seharusnya tidak dijadikan areal perkebunan.

Saat ini RSPO (Rountabel on Sustainable Palm Oil) hadir untuk menangani hal ini, dengan menerapkan perkebunan sawit berkelanjutan yang lestari akan meminimalis dampak kerusakan yang ditimbulkan dari pengelolaan perkebunan, Karena dalam sertifikasi RESPO perkebunan harus memperhatiakn pelestarian lingkungan, sehingga berbagai faktor kerusakan dapat ditangani sebaik mungkin.

RSPO selalu melakukan audit secara berkala dalam memperhatikan perkembangan dari perkebunan yang memiliki sertifikasi RSPO agar tidak merusak lingkungan yang lebih bururk lagi, perkebunan yang sudah memiliki sertifikasi akan menangani perkebunan dengan bijak, dan jika ada suatu permasalahan tentang lingkungan, satwa dan hal lainya maka perusahaan tersebut sudah tahu langkah apa yang di ambil, sehingga kerusakan yang ditimbulkan dapat diminimalis untuk menyelamatkan lingkungan, satwa dan bumi Indonesia.

Gunakan Selalu Produk Yang Berlabel/Logo RSPO.

Saat ini begitu banyak produk yang menggunakan bahan minyak sawit, mulai dari kosmetik, makanan, margarin, deterjen, minyak goreng dan masih banyak yang lainya lagi,  namun apakah minyak sawit yang mereka gunakan adalah miyak sawit dari perkebunan yang lestari, karena jika mereka tidak menggunakan minyak sawit yang berlabel RSPO maka bisa dikatakan mereka adalah minyak sawit dari perkebunan sawit yang tidak berkelanjutan.

Di Eropa sendiri wajib memiliki logo RSPO, karena memang produk yang memiliki logo ini sudah memiliki jaminan sertifikasi terhadap barang yang dipasarkan untuk konsumen, sehingga produk yang berlogi RSPO menjadi pilihan utama untuk di beli dan di konsumsi sehari-hari.

Produk yang memiliki label/logo RSPO merupakan keluaran dari prosusen yang telah melewati sertifikasi terlebih dahulu, sehingga jika produk memiliki logo ini maka menjadi pilihan beli yang baik dari pada produk yang tidak tersertifikasi RSPO karena kita juga ikut dalam menyelamatkan bumi Indonesia dari kerusakan lingkungan Indonesia.


Beli Yang Baik Untuk Menyelamatkan Bumi Indonesia.

Dari berbagai uraian dan penjelasan di atas maka sangatlah penting untuk produsen maupun konsumen untuk menghadirkan dan membeli produk yang bersertifikasi RSPO, karena terkadang tanpa sadar kita juga ikut andil dalam melakukan perusakan lingkungan kita.

Dengan beli yang baik dan bersertifikat jaminan yang jelas maka kita juga ikut dalam menyelamatkan lingkungan dari kerusakan alam yang semakin terancam, berbagai produk yang kita beli dan pergunakan dalam kebutuhan sehari-hari harus kita perhatikan agar kita selalu prosusen maupun konsumen menjadi pelopor dalam menyelamatkan bumi Indonesia.

Menggunakan produk yang berlabel RSPO maka secara tidak langsung kita telah mendukung pelestarian hutan, pelestarian satwa, menyelamatkan lingkungan dan mencegah pemanasan global, maka dari itu untuk para produsen silahkan bergabung dengan RSPO untuk mengeluarkan produk yang bersertifikasi dan terjamin asal usul minyak sawitnya dan untuk konsumen juga harus jeli dalam membeli produk, perhatikan selalu logo RSPO karena lebih terjamin dari mutu dan kualitasnya.

Demikianlah penjelasan tentang pernanan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan RSPO dalam menyelamatkan bumi Indonesia, jika anda ingin turut menyelamatkan Indonesia dari kerusakan lingkungan maka bergabunglah dengan RSPO dan gunakan selalu produk yang berlabel RSPO.

Sekian dan terimakasih.

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Salah satu penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelapa sawit serta berpotensi mengurangi produksi hingga 25% pada tanaman berusia 3–9 tahun adalah busuk tandan kelapa sawit, atau buah sawit busuk sebelum masak (Siregar, 2011) Penyebab buah sawit busuk sebelum masak dapat bervariasi dan melibatkan beberapa faktor. Berikut beberapa alasan umumnya: 1. Penyakit: Beberapa […]

Gajah banyak di Sumatera

Landak

Rayap Advertisements 08Sep2012No Comments Rayap pekerja jenis ini biasanya merusak akar, batang dan pangkal pupus terutama pada tanaman muda di lahan gambut. Rayap pekerja berwarna putih, panjangnya 5 mm. Rayap tentara panjangnya 6-8 mm, memiliki kepala besar dan rahang yang kuat. Ratu dapat mencapai panjang 50 mm. Jenis ini […]

Ulat Tandan Advertisements 08Sep2012No Comments Serangga Tirathaba mundella dan T. rufivena dikenal sebagai hama penggerek tandan buah kelapa sawit baik di Indonesia maupun di Malaysia. Pada umumnya hama ini dijumpai terutama pada areal dengan tandan buah dengan fruitset rendah atau terlewat dipanen (Wood & Ng 1974), karena sebagai makanan hama ini. Tirathaba mundella ini biasanya […]