Advertisements

Hama Utama Tanaman Avokad (Persea gratissima)

Pengendalan hama merupakan salah satu aspek terpenting dalam teknis budiaya tanaman avokad. Kehilangan hasil akibat serangan hama dapat mencapai lebih dari 80% ketika dibiarkan saja. Berikut adalah hama penting pada tanaman avokad beserta gejala serangan yang ditimbulkan. 

1. Ulat kipat 

Ulat kipat memakan daun tanaman avokad sehingga daun yang diserang menjadi rusak, tidak utuh lagi, dan bahkan jika seranganna parah bisa menyebabkan daun gundul dan terdapat kepompong yang bergelantungan di pohon avokad. 

2. Ulat kupu-kupu gajah 

Kupu-kupu gajah memiliki sayap yang sangat besar (bisa mencapai 25 cm), berwarna coklat kemerahan, dan berbentuk segitiga transparan. Tubuh berwarna hijau dan tertutup tepung sehingga warnanya menjadi terihat kecoklatan.panjang tubuh mencapai 15 cm dan mempunyai duri yang berdaging. Serangan hampir sama dengan ulat kipat tetapi kepompongnya tidak bergelantungan, melainkan berada diantara daun. 

3. Tungau merah 

Tungau merah juga menyerang daun avokad. Daun yang terseran awalnya hanya menampakkan gejala bintik-bintik kuning. Ketika dibiarkan saja, daun yang terserang tadi akan berwarna merah seperti karat. Di bawah permukaan daun terdapat anyaman benang yang halus. Serangan yang hebat menyebabkan daun layu dan rontok. 

4. Aphis Kapas 

Hama ini menyereng daun avokad dengan cara mengeluarkan embun mau yang ditumbuhi jelaga cendawan sehinga daun menjadi hitam dan semut berdatangan. Serangan hebat dapat menyebabkan tanaman kerdil dan berpilin. 

5. Kutu dompolan putih 

Kutu dompolan menyerang beberapa organ tanaman sekaligus. Tunas muda, daun, batang, tangkai bunga, tangkai buah, dan buah yang terserang akan terlihat pucat, tertutup masa berwarna putih dan akan kering. 

6. Lalat buah 

Lalt buah akan menusuk dan memasukkan telurnya ke dalam buah avokad. Serangan ditandai dengan adaya bintik hitam pada permukaan buah. Akibat serangan, buah menjadi busuk karena adanya larva yang tinggal di dalam buah. 

7. Kumbang bubuk cabang 

Kumbang bubuk menyerang cabang atau anting avokad. Serangan ditandai dengan adanya lubang pada cabang atau ranting yang terserang. Adanya lubang mengganngu metabolisme yang terjadi pada xylem dan floem yang mengakibatkan traspor hara dan hasil fotosintesis menjadi terganggu. 

8. Codot 

Codot brtubuh seperti kelelawar yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Codot memakan buah yang matang pada malam hari sehingga kehilangan hasil lebih tampak secara nyata. Serangan codot ditandai dengan adanya lubang bekas gigitan di buah avokad.

Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

JAKARTA – Manajer Program Hukum dan Masyarakat Epistema Institute, Yance Arizona mengutarakan, eksistensi masyarakat adat sangat perlu diakui negara. Bahkan, tak cukup hanya pengakuan. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 35/PUU-X/2012 dilapanagn faktanya masih banyak terjadi pengabaian terhadap hak-hak masyarakat adat. Yance menyatakan, kalau sebelumnya hutan adat adalah hutan negara, setelah putusan MK 35/2012, hutan adat adalah […]

Advertisements Medan – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan proses eksekusi lahan sawit milik pengusaha DL Sitorus seluas 47 ribu ha di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, sudah selesai. Kejaksaan Agung sudah menyerahkan lahan tersebut kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. “Perkara DL Sitorus menyangkut barang bukti seluas 47 ribu ha sudah diserahkan secara […]

KOTA KINABALU – Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi, Datuk Ewon Ebin mengatakan, salah satu dari tiga proyek yang memanfaatkan minyak sawit atau biorefinery di Sabah dan Sarawak, telah disetujui oleh komite Bioeconomy Transformation Programme (BTP). Genting Plantations Berhad bakal berkolaborasi dengan Elevance Renewable Sciences, sebuah perusahaan kimia asal Amerika Serikat, untuk membangun biorefinery. Seperti tulis […]

Advertisements Amerika Serikat – Merujuk laporan Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkungan dunia, Forest Heroes, menuding perusahaan sawit PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) bertaggung jawab terhadap kerusakan hutan tropis. Sebelumnya PT Astra Agro Lestari Tbk telah berjanji tidak bakal membangun perkebunan kelapa sawit di hutan tropis, tetapi Forest Heroes menganggap janji PT Astra Agro […]

HERSHEY – Perusahaan Hershey, April 2015 melaporkan hasil penggunaan bahan baku dari sumber minyak sawit berkelanjutan, yang didukung lewat kerjasama strategis dengan The Forest Trust (TFT). Tercatat Harshey, telah menggunakan minyak sawit berkelanjutan sebanyak 94% dari semua pabrik yang menggunakan minyak sawit secara global. Kabarya Harshey, sedang melakukan pemetaan rantai pasok hingga ke perkebunan, yang […]