SUKABUMI (Pos Kota) – Sejumlah bumbu masakan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat harganya belakangan terakhir kian melejit. Salah satunya, harga cabai merah yang harganya terkatrol hingga Rp15 ribu perkilogramnya. Awalnya, harga cabai merah perkilogramnya hanya Rp55 ribu kini menjadi Rp70 ribu. Pemicunya, selain belum memasuki musim panen juga saat ini dilanda musim hujan.

Kian pedasnya harga cabai merah membuat konsumen, terutama ibu rumah tangga menjerit. ¬Mereka terpaksa mengurangi membeli bumbu masak pedas ini. Keluhan serupa juga dirasakan oleh para pedagang sayuran di sejumlah pasar tradisional.
Pantauan Pos Kota, Sabtu (12/3/2016) di Pasar Cisaat dan Cicurug, misalnya, hanya beberapa lapak sayuran yang menjual cabai merah. Itupun kondisinya tidak terlalu segar.

“Sebagian besar kami (pedagang sayuran) tidak menjual cabai merah dikarenakan harga terlalu tinggi. Apalagi menjual cabai di saat kondisi sedang tinggi itu sangat beresiko. Dengan kondisi harga tinggi, penjual akan sulit membeli. Dampaknya pedagang bisa merugi akibat cabai busuk karena tak laku terjual. Jadi sekarang itu, yang berani mengambil resiko saja yang mau menjual cabai merah,” keluh salah seorang pedagang sayuran, Abidin, 35.

Advertisements

Saat ini, Abidin mengaku tak menyetok terlalu banyak cabai merah. Sebab menurutnya sebagai antisipasi ketika cabai tak laku terjual dan dikhawatirkan busuk. Melihat kondisi saat ini, dirinya paling menyetok sekitar 5 kilogram per harinya. “Kenaikan harga cabai itu dikarenakan curah hujan yang tinggi. Ditambah saat ini belum masuk masa panen. Yang paling berpengaruh terhadap harga sih faktor cuaca. Sebab selain memengaruhi pertumbuhan cabai juga proses pendistribusian cabai,” ungkapnya.

Selain cabai merah, cabai rawit pun ikutan naik. Saat ini harganya mencapai Rp30.000/kg dari sebelumnya Rp25.000/kg. Untuk cabai rawit sendiri, kata Abidin kenaikannnya sudah tiga hari ke belakang. ” Jadi cabai rawit dulu, setelah itu baru cabai merah yang naiknya. Namun untuk cabai merah, naiknya cukup besar,”ungkapnya. (sule/ruh)

Advertisements