Manfaat tanaman cendana telah digunakan sejak dahulu kala sebagai tanaman herbal. Tanaman ini begitu populer baik di dalam maupun luar negeri. Tanaman ini juga memiliki wangi aromatik yang sangat khas sehingga populer di bidang industri parfum sekaligus pembuatan deodorant. Selain itu kayu cendana juga biasa digunakan sebagai bahan baku membuat meubeul furniture. Tidak heran harga jual tanaman ini bisa sangat mahal di pasaran. Ditambah minyak tanaman cendana dapat dikategorikan sebagai barang langka yang memiliki begitu manfaat bagi kesehatan.

Baca juga : Manfaat Kayu Cendana

Kandungan Tanaman Cendana

Dalam tanaman cendana terdapat beberapa kandungan sebagai berikut :

Kandungan yang terdapat pada minyak cendana (atsiri):

  • Santalol (seskuiterpenalkohol)
  • santalen (seskuiterpena)
  • santen
  • santenon
  • santalal
  • santalon
  • isovalerilaldehida

Setiap bagian dari tanaman ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada tiga bagian yang biasanya lebih sering digunakan, yaitu buah, minyak, dan kayu/kulit kayu cendana. Berikut akan dijelaskan manfaat tanaman cendana berdasarkan bagian-bagian tanaman cendana:

Manfaat Buah Cendana

  1. Meningkatkan sistem imun

Buah cendana dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi karena kandungan zat antiseptik dan anti mikroba yang terdapat di dalamnya.

Artikel terkait meningkatkan sistem imun :

  1. Melancarkan buang air kecil

Minyak yang dihasilkan dari buah cendana bermanfaat untuk melancarkan susah buang air kecil. Jadi sangat berguna bagi mereka yang menderita gangguan pada saluran air kencing.

  1. Mengurangi stres

Buah cendana dapat pula membantu mengurangi stres dan depresi dikarenakan kandungan anti depresant yang berfungsi membuat otak menjadi lebih rileks.

  1. Menyehatkan kulit

Buah cendana diyakini dapat membantu menyehatkan kulit khususnya kulit wajah. Bagi mereka yang menderita gangguan pada kulit seperti noda hitam dan juga jerawat dapat memanfaatkan buah cendana untuk mencegah sekaligus mengatasinya.

Simak juga manfaat untuk kesehatan kulit:

sponsored links


Manfaat Minyak Cendana

  1. Mengurangi kondisi hiperaktif anak

Anak yang sehat memang akan selalu bertindak secara aktif. Namun tindakan anak yang terlalu hiperaktif juga terkadang menjadi masalah tersendiri. Minyak cendana dapat membuat anak-anak menjadi lebih rileks sehingga tidak bertindak terlalu hiperaktif.

Artikel terkait mencegah hiperaktif pada anak: Manfaat Tidur

  1. Mengusir bau badan

Jika Anda memiliki masalah bau badan yang membandel, Anda dapat menggunakan minya cendana untuk mengusirnya. Minyak cendana memiliki wangi khas yang sangat aromatik dan tahan lama sehingga sangat baik digunakan untuk mengusir bau badan.

Artikel terkait mengusir bau badan: Manfaat Daun Beluntas Untuk Bau Badan

  1. Mengontrol tekanan darah

Minyak cendana juga diyakini dapat membantu mengontrol tekanan pada sistem peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit hipertensi.

Artikel terkait hipertensi:

  1. Mengatasi kejang-kejang

Kandungan minyak cendana serta wanginya yang khas dapat bertindak seperti aroma terapi yang membantu merilekskan tubuh sehingga menjadi lebih tenang.

Artikel terkait mengatasi kejang:  Manfaat Cacing Kalung

  1. Sebagai penambah cita rasa masakan

Minyak cendana juga biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan di beberapa negara. Namun karena kelangkaan komoditas jadi penggunaan minyak cendana khususnya di Indonesia jarang dilakukan.

  1. Sebagai antiseptik

Minyak cendana yang bersifat anti-mikroba sangat baik untuk digunakan sebagai antiseptik yang efektif mengobati cedera, bisul, lesi, dan jerawat agar terhindar dari resiko infeksi yang berkelanjutan.

Manfaat Kayu Cendana

  1. Mengobati disentri dan gangguan peradangan

Kulit kayu cendana bisa dimanfaatkan untuk mengobati disentri dan gangguan peradangan. Yang digunakan adalah kulit kayu cendana yang telah dikeringkan dan digiling hingga menjadi benar-benar hancur dan bubuk.

Artikel terkait obat disentri: Manfaat Air Kunyit

  1. Melancarkan datang bulan bagi wanita

Selain itu bubuk kulit kayu cendana juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan datang bulan atau menstruasi pada kaum hawa. Caranya dengan merebus bubuk kulit kayu cendana dengan air hingga mendidih. Air rebusan inilah yang nantinya digunakan sebagai herbal.

Artikel terkait baik untuk datang bulan:

  1. Bahan baku meubeul

Kayu cendana sudah sangat terkenal di industri alat-alat rumah tangga. Selain kayunya padat dan kuat, aroma cendana yang khas juga berguna sebagai pengharum ruangan alami.

  1. Bahan membuat parfum

Wangi aromaterapi cendana juga sangat populer dan sudah sangat sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum baik di dalam maupun luar negeri.

Artikel terkait tanaman yang dijadikan bahan parfum: Manfaat Batang Gaharu

  1. Bahan membuat kerajinan tangan

Para pengerajin juga sering membuat kayu cendana menjadi produk kerajinan tangan seperti tasbih sertai berbagai macam pajangan untuk mempercantik interior rumah.

Berikut merupakan manfaat tanaman cendana yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian. Tanaman yang satu ini memang tergolong sangat populer baik sebagai bahan baku furniture ataupun parfum. Di negeri China tanaman ini lebih sering digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Tips: Ketidaksesuaian pemakaian tanaman cendana sebagai herbal seperti konsumsi berlebih atau digunakan dengan obat-obatan lain dapat menyebabkan efek samping seperti tekanan pada dada, dada terasa nyeri, dan kesulitan bernafas. Untuk beberapa orang bahkan bisa memicu alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, dan ruam.

 

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]