Keuntungan usaha sawit yang sangat menjanjikan dari hari ke hari menjadikan area hutan di Sumatra semakin sempit. Hal ini disebabkan, dengan meningkatnya pembukaan lahan untuk ditanami kelapa sawit.

Dilihat dari segi lingkungan tentu saja hal ini bukanlah hal yang positif. Terlebih lagi hal ini dapat merusak habitat hewan-hewan penting khas Indonesia yang saat ini terancam punah seperti orang utan.

Isu yang beredar adalah banyak terjadi pembantaian orang utan karena dianggap sebagai hama perkebunan sawit. Padahal jika sebenarnya ditelaah orang utan mencari makan sampai di perkebunan sawit karena kesalahan manusia. Hal ini disebabkan, habitat orang tinggal untuk tinggal dan mencari makan dirampas paksa oleh manusia.

Sebenarnya hal apa sajakah yang menjadikan usaha perkebunan kelapa sawit banyak diincar oleh orang. Hingga akhirnya harus mengorbankan habitat alam liar seperti hutan. Berikut ini adalah bahasannya.

Bisnis yang Semakin Diuntungkan dengan Anjloknya Rupiah

Usaha sawit merupakan usaha yang tidak merugi akibat rendahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar. Hal ini disebabkan sawit dijual menggunakan patokan atau standar nilai tukar dollar.

Sehingga sudah jelas bahwa semakin hari nilai tukar rupiah terhadap dollar semakin rendah maka semakin besar keuntungan yang diraup oleh pengusaha kelapa sawit. Padahal banyak sektor usaha lain yang nasibnya semakin di ujung tanduk dengan fenomena perekonomian seperti ini.

Industri Kelapa Sawit Hulu dan Hilir yang Relatif Stabil

Prospek bisnis kelapa sawit dibagi menjadi dua kelompok bisnis utama yakni hulu dan hilir. Industri kelapa sawit hulu bertanggung jawab atas tersedianya minyak kelapa sawit mentah atau yang disebut dengan Crude Palm Oil (CPO).

CPO ini kemudian akan diekspor sesuai permintaan pasar internasional. Sementara itu, industri kelapa sawit hilir merupakan industri yang menyediakan hasil olahan bahan baku CPO contohnya seperti minyak goreng, mentega, sabun dan lainnya. Hasil olahan tersebut tak lain adalah kebutuhan masyarakat sehari-hari. Dengan demikian keuntungan usaha sawit selalu meningkat.

Kerjasama Antar Negara

Andil Pemerintah dalam usaha kelapa sawit ternyata cukup penting. Hal ini disebabkan, pemerintah merupakan pihak yang berperan dalam menjalin kerjasama dengan negara-negara importir CPO. Dengan adanya permintaan dari pasar internasional yang semakin tingi menjadikan usaha kelapa sawit sebagai primadona. Tak heran, bisnis ini dirasa ampuh untuk mengumpulkan pundi-pundi keuntungan yang menjanjikan.

Demikianlah beberapa alasan mengenai mengapa usaha kelapa sawit banyak diincar. Keuntungan usaha sawit yang besar dan relatif stabil menjanjikan keamanan investasi jangka panjang bagi para pengusaha. Mengingat CPO dapat dijual sebagai bahan baku produk penting untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari.

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Salah satu penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelapa sawit serta berpotensi mengurangi produksi hingga 25% pada tanaman berusia 3–9 tahun adalah busuk tandan kelapa sawit, atau buah sawit busuk sebelum masak (Siregar, 2011) Penyebab buah sawit busuk sebelum masak dapat bervariasi dan melibatkan beberapa faktor. Berikut beberapa alasan umumnya: 1. Penyakit: Beberapa […]

Insektisida pembasmi telur ulat, atau ovicide, adalah produk kimia yang dirancang khusus untuk membunuh telur ulat sebelum menetas. Berikut adalah beberapa jenis insektisida yang sering digunakan untuk mengendalikan telur ulat: Metoksifenozide: Insektisida ini bertindak sebagai penghambat pertumbuhan ulat dan memiliki efek ovicidal yang baik. Diflubenzuron: Merupakan insektisida yang efektif sebagai ovicide, menghambat pertumbuhan dan perkembangan […]

Karet, sebagai tanaman perkebunan terkemuka kedua di Indonesia setelah kelapa sawit, diyakini memiliki jumlah petani yang sebanding dengan petani kelapa sawit. Dalam beberapa tahun terakhir, harga jual karet mengalami penurunan, mendorong petani untuk mencari strategi kreatif agar dapat memperoleh penghasilan setidaknya sebanding dengan periode sebelum penurunan harga. Cara yang digunakan adalah dengan mendorong tanaman karet […]

Padda September 2021, perdagangan pupuk hayati di tingkat global adalah bagian dari industri pertanian yang berkembang pesat. Pupuk hayati, seperti bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfor, dan mikroorganisme lainnya, digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman secara alami dan berkelanjutan. Beberapa mikroorganisme yang umumnya termasuk dalam pupuk hayati melibatkan bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfor, dan mikroba […]

Dikalangan umat Hindu ada yang namanya Rudraksha biji yang dianggap berasal dari tetesan air mata Dewa Siwa. Apa itu biji Rudraksha? Rudraksha adalah biji tanaman yang di Indonesia biasa disebut dengan Jenitri. Jenitri Tanaman biji Jenitri ini banyak ditemui di hampir semua pulau di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara hingga Papua. Kabarnya, […]